KUMPULAN RESEP MASAKAN SEHARI-HARI YANG ENAK, LEZAT DAN SEDERHANA. MUDAH UNTUK DI COBA DAN DI PRAKTEKAN DI RUMAH

RESEP MASAM JING


Kali ini kita beralih ke aceh tepat nya di GAYO Aceh Tengah yang ibukotanya TAKENGON. Tidak dapat dipungkiri kuliner khas GAYO  ini sangat menggugah selera, dengan racikan bumbu yang kental membuat kita ingin mencicipinya, Nama masakannya adalah Masam jing (Bahasa Gayo) kalau di artikan ke bahasa indonesia yaitu Asam Pedas, kalau di kawasan pesisir Aceh, masakan sejenis Masam Jing sering disebut dengan Asam Keu-eung atau orang minang menyebutnya dengan Asam Padeh. Namun, bumbu maupun cara pengolahannya yang sedikit berbeda, sehingga Masam Jing menyajikan rasa yang memang khas dari Dataran Tinggi Gayo. kalau saya pribadi Masam Jing sudah menjadi makanan/masakan favorit, dan sering membuat nya di rumah, karena fakta Masam Jing dapat menambah selera makan kita, kalau anda  belum pernah mencicipi masakan Masam Jing ini sebaiknya di coba dulu karena sekali nyoba anda bisa ketagihan, itu salah satu efeknya .  Dan ternyata di balik nikmatnya kuliner ini ada rahasia nya lho,, mau tau apa rahasianya mari di simak....

BAHAN-BAHAN:

1/2 kg ikan mujair
10 buah cabe merah
3 Siung bawang merah
10 buah cabe rawit (sesuai selera)
Buah kemiri (sesuai selera)
1 buah kunyit sebesar ibu jari (sesuai selera)
2 buah tomat rada mengkal
Daun gegarang ( sejenis daun mint/ bisa juga pakai daun kemangi)
Empan (bahasa gayo) atau Andaliman dalam bahasa indonesia
Garam secukupnya
Air secukupnya
1 buah jeruk sayur atau jeruk nipis / lemon


LANGKAH-LANGKAH:
  • Bersihkan ikan dari sisik dan sirip dan isi perut dan insang jika ikan berukuran besar maka potong lah ikan sesuai kebutuhan cuci sampai bersih. 
  • Haluskan bumbu cabe merah, bawang merah, cabe rawit, kemiri,dan kunyit boleh menggunakan ulekan atau belender.
  • Taruh ikan yang telah dibersihkan kedalam kuali kemudian campurkan bumbu yang telah dihaluskan dan beri perasan air jeruk sayur atau jeruk nipis/ lemon beri garam.
  • Potong tomat menjadi 8 bagian kemudian campurkan kedalam ikan dan bumbu kemudian masukan juga gegarang / kemangi dan empan ,fungsinya agar masakan jadi wangi.
  • setelah tercampur semua beri air secukupnya kemudian masak dikompor dan tutup kuali tunggu ikan sampai matang dan air nya agak menyusut.
  • Setelah matang makanan siap dihidangkan dan disantap bersama keluarga.




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut


Recent Posts